PELAJAR SMP 1 TERBAIK SE-SUMBAR

Oleh efim
Sabtu, 04 Juni 2011 16:59:54 Klik: 3134 Cetak: 544 Kirim-kirim Print version download versi msword
Klik untuk melihat foto lainnya...

PADANG, HALUAN — Hasil bagus yang diraih siswa SLTA Kota Padang pada Ujian Na­sional (UN) tahun ini juga diraih siswa SLTP. Bahkan, Siti Aisyah Rusdi dari SMP 1 Padang menjadi siswa terbaik UN tahun ini dengan menduduki peringkat 1 Sumbar.

Sedangkan prestasi per dae­rah, Padang juga berhasil men­duduki peringkat 3 Sumbar dengan nilai 29.89 mengalahkan Bukittinggi yang berada di pe­ringkat 4 dengan nilai 29.84. Kepala Dinas Pen­didikan Kota Padang, Bambang Sutrisno saat dikonfirmasi Haluan kemarin (3/6) mengatakan, tingkat kelulusan SLTP tahun ini 99.25 persen, atau meningkat di­ban­dingkan tahun lalu yang hanya 97.00 persen. Hasil ini juga diikuti prestasi sekolah dan siswa yang juga berhasil masuk peringkat teratas Sumbar.

“Alhamdulillah, kita juga berhasil meningkatkan prestasi pada UN SLTP ini. Peningkatan prestasi yang kita capai juga merata, dimana banyak sekolah non unggulan juga berhasil masuk 10 besar seperti SMP 12 dan SMP 7,” katanya.

Melihat hasil bagus tersebut, rasa syukur berlinang air mata langsung terpancar dari wajah Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Bambang Sutrisno ketika menerima rekap hasil kelulusan UN tersebut.

“Kami sangat bersyukur. Ini berkat perjuangan dan kerja keras serta doa kita kepada yang maha kuasa,” katanya Bambang.

Menurutnya, hasil bagus yang diraih Kota Padang pada UN tahun ini yaitu berkat strategi persiapan yang dilaksanakan cukup matang. Persiapan itu diantaranya try out tiga kali sebelum UN. Kemudian try out di tingkat sekolah yang juga sering dilaksanakan.

“Sejak awal Januari lalu, kita sudah mulai melaksanakan try out.  Dari hasil try out tersebut langsung kita petakan kelemahan siswa melalui rapor try out yang kita berikan. Pada rapor itu tercantum nilai siswa, sehingga mereka bisa mengevaluasi diri sendiri pada mata pelajaran mana dia yang tak lulus. Dengan de­mikian, kelemahan itu langsung diperbaiki siswa sebelum try out berikutnya,” tambahnya.

Ini merupakan hasil akhir ujian pada UN tahun ini. Bagi siswa yang tidak lulus terpaksa mengulang lagi pada kelas tiga untuk ikut pada UN tahun depan, atau bisa mengikuti UN ke­setaraan Paket B untuk men­dapatkan ijazah. (h/vid)

 
 
Berita Berita Populer Lainnya
. Surat Edaran Dinas Pendidikan tentang Jadwal Ujian SD dan SMP
. Undangan Penulisan Naskah Soal SD dan SMP
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SD dan SMP tentang Standar Penilaian
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SMP tentang Standar Proses
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan II
. Undangan Bimtek Tim Pengembang Kurikulum Sekolah SMP Tahun 2018
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan I (revisi)
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SMP tentang Standar Proses Angkatan I
. Undangan Bimtek Pendalaman Materi Mata Pelajaran SD dan SMP untuk SD Angkatan V
. Undangan Bimtek Pendalaman Materi Mata Pelajaran SD dan SMP Angkatan III dan IV