Mulai 2011 Penyaluran BOS Langsung ke Kabupaten dan Kota

Oleh efim
Kamis, 02 Desember 2010 07:50:23 Klik: 2976 Cetak: 795 Kirim-kirim Print version download versi msword

JAKARTA--MICOM: Pemerintah akan menyederhanakan penyaluran dana pendidikan bantuan operasional sekolah (BOS) dari Kementerian Keuangan disalurkan ke Kabupaten/Kota dan langsung ke sekolah pada 2011.

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh mengatakan, mulai 2011 aliran dana BOS tidak lagi melalui Kementerian Pendidikan Nasional tapi jalurnya adalah dari Kementerian Keuangan disalurkan langsung ke pemerintah kabupaten/kota dan selanjutnya ke sekolah. Pelaksanaan akan lebih sederhana dibandingkan periode 2005-2010.

"Kalau dulu dana BOS melalui Kementerian Keuangan lalu ke Kementerian Diknas dan disalurkan ke pemerintah kabupaten/kota dan ke sekolah. Jadi intinya mulai tahun depan Kementerian Diknas tidak lagi memegang dana BOS," kata Nuh usai Rapat Komite Pendidikan Tentang Desentralisasi BOS di Istana Wakil Presiden (Wapres) Jakarta, Rabu (1/12).

Rapat yang dipimpin oleh Wapres Boediono dihadiri oleh Menko Kesra Agung Laksono, Wakil Menkeu Anny Ratnawati, Wakil Menteri PPN/ Kepala Bappenas Lukita Dinarsyah Tuo dan Ketua Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto.

Nuh mengatakan pelaksanaan distribusi dana BOS pada tahun depan akan mengalami penyederhanaan dibanding tahun 2005-2010, tujuannya agar lebih sederhana.

Penyederhanaan tersebut, kata dia, sebagai upaya penmerintah untuk mempercepat penerimaan dana BOS di sekolah sehingga bisa segera digunakan untuk kepentingan anak-anak sekolah.

Selain itu, katanya, penyederhanaan distribusi ini juga untuk mengurangi adanya keterlambatan penerimaan dana BOS di pemeringtah kabupaten/kota dan sekolah. (OL-9)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2010/12/01/185254/88/14/Mulai-2011-Penyaluran-BOS-Langsung-ke-Kabupaten-dan-Kota
 
Berita Berita Terkini Lainnya
. PENGUMPULAN KARTU KELUARGA (KK) KELAS VI SEKOLAH DASAR
. PENGUMUMAN PEMENUHAN DAYA TAMPUNG PPDB SMP NEGERI KOTA PADANG TAHUN PELAJARAN 2019
. Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2019/2020
. Surat Edaran Dinas Pendidikan tentang Jadwal Ujian SD dan SMP
. Undangan Penulisan Naskah Soal SD dan SMP
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SD dan SMP tentang Standar Penilaian
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SMP tentang Standar Proses
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan II
. Undangan Bimtek Tim Pengembang Kurikulum Sekolah SMP Tahun 2018
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan I (revisi)