SMA 1 Padang Juara Smapsic

Oleh 10303503
Sabtu, 14 Maret 2009 17:10:08 Klik: 5322 Cetak: 761 Kirim-kirim Print version download versi msword

Padang, SMA 1 Padang, meraih juara umum dalam acara Smansa Padang Science Competition (Smapsic) atau pra-olimpiade tingkat Sumbar, yang digelar Sabtu lalu di aula Universitas Baiturramah, Padang. Dari 1.399 peserta, hanya 70 orang saja yang berhasil masuk final.

“Jumlah peserta itu melampaui target yang direncanakan, sehingga pihak panitia menjadi sibuk mempersiapkan fasilitas perlombaan untuk peserta tambahan. Antusiasme sekolah-sekolah cukup tinggi mengikuti kegiatan tersebut,” kata Kepala Sekolah SMA 1 Padang, Jufril Siry menjawab Singgalang di kantornya, Selasa (11/3).
Disebutkan, soal perlombaan tersebut dibagi menjadi dua bagian Tahap pertama berasal dari GO Bandung. Dari soal inilah disaring peserta menjadi 70 besar. Artinya, dari masing-masing mata pelajaran yang diperlombakan sebanyak tujuh mata pelajaran dipilih pemenang 10 besarnya.

Setelah mendapatkan peserta 70 besar tersebut, baru keluar soal tahap kedua dari juri Unand dan UNP yang juga selaku pembina olimpiade Sumbar. Dari 70 besar tersebut diseleksi lagi menjadi 35 besar, karena masing-masing cabang mata pelajaran perlombaan dipilih peringkat 1-5. Total hadiah yang diperebutkan, lanjutnya, 28 juta.
Dari 35 siswa peserta yang menjadi pemenang dalam final, 15 orang di antaranya adalah siswa SMA 1 Padang. Untuk mata pelajaran ekonomi, fisika, kebumian, biologi SMA 1 Padang meraih juara 1. Sedangkan untuk mata pelajaran astronomi diraih oleh SMA 1 Solok, matematika SMA Agam Cendikia dan Kimia diraih oleh SMA 1 Padang Panjang.
Lebih jauh disebutkan, acara tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Busharman Bur dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Nur Amin. Smapsic 4 kali ini, jauh lebih diminanti oleh para sekolah baik negeri maupun swasta yang ada di Sumbar. SMA 1 Padang turun dengan kekuatan 200 orang.

Dia menilai, antusiasme peserta malah lebih ditunjukkan oleh sekolah-sekolah yang ada di luar Kota Padang. Itu terlihat dari jumlah peserta yang ikut, dan juga prestasi yang diraih. Pada tahun 2008 lalu, hanya sekitar 600 orang peserta dan pada tahun 2009 ini meningkat tajam. Dari sekolah lain di Kota padang selain SMA 1 Padang, tak ada yang meraih juara I. Itu sama dengan artinya, pendidikan di daerah lebih cepat berkembang bila dibandingkan dengan di Kota Padang sendiri. Perlombaan ini diikuti oleh seluruh kabupaten/kota di Sumbar, kecuali Mentawai.
Ditambahkan, target dari SMA 1 yang tak hanya sukses dalam pelaksanaan namun sukses dalam prestasi akhirnya tercapai juga.

Sumber: Singgalang 10/03/09

 

 

 
Berita Berita Terkini Lainnya
. PENGUMPULAN KARTU KELUARGA (KK) KELAS VI SEKOLAH DASAR
. PENGUMUMAN PEMENUHAN DAYA TAMPUNG PPDB SMP NEGERI KOTA PADANG TAHUN PELAJARAN 2019
. Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2019/2020
. Surat Edaran Dinas Pendidikan tentang Jadwal Ujian SD dan SMP
. Undangan Penulisan Naskah Soal SD dan SMP
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SD dan SMP tentang Standar Penilaian
. Undangan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SMP tentang Standar Proses
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan II
. Undangan Bimtek Tim Pengembang Kurikulum Sekolah SMP Tahun 2018
. Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 untuk guru SD dan SMP Angkatan I (revisi)