Disdikbud Padang Ikuti FGD Zonasi Kawasan Cagar Budaya Nasional Pabrik Semen Indarung I

BAGIKAN:

facebook twitter pinterest line whatapps telegram

Oleh yes yulinda
Rabu, 29 Nopember 2023 21:09:54 Klik: 665
Klik untuk melihat foto lainnya...

Padang - Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah III, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait Zonasi Kawasan Cagar Budaya Nasional Pabrik Semen Indarung I, di Imelda Hotel Padang, Selasa (28/11/2023)

 
Kegiatan ini merupakan bagian dalam upaya pelestarian terhadap Cagar Budaya Pabrik Semen Indarung I yang telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya Nasional sesuai Surat Keputusan Mendikbudristek Nomor 54/M/2023 tentang Penetapan Kawasan Cagar Budaya Pabrik Semen Indarung I sebagai Kawasan Cagar Budaya peringkat Nasional, pada 27 Februari 2023. Hal ini diikuti oleh lebih dari 38 peserta yang terdiri dari PT. Semen Padang dan 14 instansi pemerintahan terkait, diantaranya Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Dinas PUPR Provinsi Sumatera Barat, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, BPBD Kota Padang, Dinas Pariwisata Kota Padang, Dinas PUPR Kota Padang, Bappeda Kota Padang, Dinas Perkim Kota Padang, Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, dan BPBD Kota Padang.
 
FGD yang berlangsung hangat ini mendatangkan narasumber dari Wakil Dekan Fakultas Teknik Universitas Islam Bandung, Dr. Ir. Ira Safitri, D. ST., M.Si., IPU, Lembaga Analisis Sosial dan Pembangunan/Antropologi, Dedi Kurnia Putra, S.Sos., dan Direktorat Pelindungan Kebudayaan, Albertus Napitupulu, serta dimoderatori oleh Pamong Budaya Ahli Madya BPK III, Hendra Bahar.
 
Marshalleh Adaz, Pamong Budaya Ahli Madya Disdikbud Padang menyatakan Kawasan Pabrik Semen Padang Indarung ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Budaya peringkat Nasional merupakan percepatan dari kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang pada tahun sebelumnya.
 
"Menuju titik ini jika ditinjau kembali ke belakang merupakan perjalanan yang panjang dan tidak mudah untuk menjadikan Kawasan Pabrik Semen Indarung I melalui penetapan tingkat kota, provinsi, hingga nasional. Hal ini juga tidak terlepas dari kerjasama rekan-rekan dari PT. Semen Padang", tutur Marshalleh.
 
Field Trip ke Kawasan Cagar Budaya Pabrik Semen Indarung I menjadi penutup kegiatan ini. Harapannya kawasan ini menjadi Warisan Dunia sekaligus destinasi wisata edukasi persemenan terkemuka. (ROP)
 
 
Berita Lainnya